Menu

Hasil Tes Kehamilan Positif Padahal Tidak Hamil? Ini Penyebabnya

Tes Kehamilan

Beberapa hari yang lalu saya menerima sebuah konsultasi kesehatan yang menanyakan tentang tes kehamilan. Seorang pria sebut saja namanya Kumbang bertanya, mengapa hasil test pack pacarnya bisa positif padahal mereka hanya berpelukan dan ciuman saja? Apakah pelukan dan ciuman bisa menyebabkan kehamilan?

Kembali saya tegaskan disini, pelukan dan ciuman tidak akan menyebabkan kehamilan karena pertemuan sel sperma dan sel telur tidak akan terjadi pada pasangan yang hanya berpelukan dan berciuman. Pertemuan sel sperma dan sel telur baru bisa terjadi bila pasangan itu melanjutkan berhubungan intim setelah berpelukan dan berciuman.

Lalu mengapa hasil test pack bisa positif?

Test pack atau tes kehamilan atau home pregnancy test adalah alat yang sering dipakai untuk mendeteksi kehamilan. Test pack yang berupa stik panjang itu mendeteksi ada hormon human chorionic gonadotropin (hCG) pada urine waktu awal awal kehamilan.

Terkecuali kehamilan, terdapat banyak keadaan yang dapat mengakibatkan hasil test pack positif. Hasil test pack seperti itu dimaksud dengan positif palsu atau false positive. Hal semacam ini mengakibatkan test pack tak dimasukan ke diagnosis tentu kehamilan, berarti, hasil test pack positif belum juga pasti mengisyaratkan seorang tengah hamil.

Terdapat banyak keadaan yang bisa mengakibatkan hasil test test pack positif palsu, salah satunya :

1. Kehamilan kimia

Kehamilan kimia berlangsung waktu telur yang sudah dibuahi tak alami implantasi atau perlekatan pada dinding rahim hingga gagal hidup. Terdapat beberapa aspek yang mengakibatkan hal semacam ini termasuk juga satu diantara salah satunya keadaan rahim yg tidak bagus untuk terjadinya kehamilan.

2. Hamil diluar rahim

Kehamilan diluar rahim berlangsung waktu sel telur yang sudah dibuahi tak melekat di bagian dalam rahim tetapi diluar rahim. Kehamilan diluar rahim biasanya berlangsung lantaran ada kendala pada saluran tuba waktu sel telur masuk ke rahim.

3. Kisah keguguran yang barusan terjadi

Hasil test pack dapat terus positif sesudah sekian hari keguguran. Kenapa sekian? Lantaran sistem menghilangnya hormon hCG dari pada badan sesudah keguguran berjalan sangatlah lambat. Hormon hCG masih tetap terdeteksi di pada badan hingga 6 minggu saat keguguran.

4. Kekeliruan penggunaan test pack

Meskipun langkah penggunaannya sangatlah gampang, banyak yang salah memakai test pack. Ini penyebabnya saat sebelum memakai test pack, pemakai diinginkan membaca dengan baik ketentuan penggunaannya. Satu diantara kekeliruan pemakaian test pack yang sering berlangsung yaitu kontrol test pack yang dikerjakan terlampau awal hingga mengakibatkan hasil yang keluar tak sesuai sama fakta.

5. Garis alami evaporasi

Terkadang garis merah yang memberikan hasil test pack bisa alami evaporasi hingga sering dipandang jadi hasil positif. Satu diantara ciri dari evaporasi garis test pack itu yaitu penampakan satu diantara garis yang kabur. Jadi, hasil test pack apabila satu diantara garis kabur ada peluang positif pada awal kehamilan atau cuma lantaran aspek evaporasi test packnya.

6. Obat obatan

Sebagian contoh obat yang bisa mengakibatkan hasil test pack positif palsu salah satunya :

  • Obat peranangsang kehamilan yang memiliki kandungan hormon hCG sintetik.
  • Obat anti kuatir seperti diazepam atau alprazolam.
  • Obat anti psikosis seperti clozapine atau chlorpromazine
  • Obat anti kejang seperti phenobarbital
  • Obat parkinson seperti bromocriptine
  • Obat diuretik seperti furosemide
  • Obat anti histamin seperti promethazine
  • Obat methadone.

7. Keadaan kesehatan tertentu

Terdapat banyak penyakit atau keadaan kesehatan spesifik yang bisa memberi hasil positif palsu pada test pack, salah satunya :

  • Penyakit infeksi saluran kemih
  • Penyakit ginjalyang mengakibatkan ada darah pada urine
  • Kista ovarium
  • Kanker ovarium
  • Masalah kelenjar pituitary.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *